Pelaksanaan Posyandu dan Penyuluhan Stunting di Masa Pandemi

Kegiatan Posyandu Melati Lemah Duwur Desa Joho hari Kamis tanggal 06 Januari 2022 yang bertempat di Rumah Kepala Dusun Lemah Duwur Desa Joho Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Pada kesempatan kali ini Posyandu mendapat kunjungan rutin oleh Bapak Suwarno selaku Kepada Desa Joho beserta Perangkatnya. Dalam pelaksanaan Posyandu Balita dan Lansia ini masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak sesuai himbauan pemerintah untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

 

 

 

 

Posyandu dilaksanakan rutin setiap bulan sekali oleh Kader Posyandu yang didampingi oleh Bidan dan Dokter dari Puskesmas Purwantoro II. Kegiatannya meliputi menimbang berat badan Balita, pemberian makanan tambahan dan vitamin kepada Balita, pemeriksaan kesehatan kepada Lansia seperti pemeriksaan tekanan darah, pemberian penyuluhan dan obat-obatan.

 

 

Tidak kalah pentingnya adalah penyuluhan tentang Stunting oleh tenaga ahli kesehatan yaitu Bidan dan Dokter. Dilakukan pendataan terhadap Balita yang mengalami tanda-tanda Stunting untuk ditindak lanjuti melalui pendekatan Kepala Desa kepada Orang tua Balita serta mendapat himbauan dan penanganan dari Tenaga Kesehatan agar dapat mencegah terjadinya Stunting.

Apa itu Stunting? Stunting adalah kondisi kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek pada anak balita (di bawah 5 tahun). Anak yang mengalami stunting akan terlihat pada saat menginjak usia 2 tahun. Dampak jangka pendek Stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pada pertumbuhan fisiknya, serta gangguan metabolisme. Dampak panjangnya akan menurunkan kemampuan kognitif otak, melemahnya kekebalan tubuh sehingga mudah terserang berbagai penyakit.

Dengan adanya penyuluhan tentang Stunting diharapkan agar dapat meminimalisir angka Stunting di Desa Joho.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan