MUSRENBANGDES TAHUN 2022

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Joho Tahun 2023 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 Januari 2022 bertempat di Balai Desa Joho Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Dihadiri oleh Tim Musrenbangdes Kecamatan Purwantoro, Danramil Purwantoro, Kapolsek Purwantoro, Anggota BPD Desa Joho, LPM, Bidan Desa, PKK, Ketua RT dan RW Desa Joho, Tokoh Pemuda Agama dan Masyarakat, KPMD dan Kader Posyandu. Seluruh peserta Musrenbangdes tetap melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Kegiatan tersebut merupakan media aspirasi , sebagai wadah pendapat supaya  pembangunan yang akan dilaksanakan tepat sasaran. Keberhasilan pembangunan memerlukan dukungan dari semua pihak, agar proses pembangunan berjalan sesuai dengan ketentuan dan bermanfaat bagi masyarakat. Sekaligus bertujuan untuk mendapatkan mufakat atas kebutuhan dan masalah yang prioritas direalisasikan dalam kegiatan pada perencanaan yang akan mendatang.

Sesuai dengan Undang-Undang No.6 tahun 2014 tentang Desa,  Peraturan Menteri Dalam Negeri No.114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa, dan Peraturan Menteri Desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi No. 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat Desa. Desa berkewajiban menyusun RKPD sebagai acuan dalam penyusunan APBD tahun berikutnya.

“Saya berharap Musrenbangdes tidak hanya sekedar ceremony, namur agar terselenggara dengan baik mengenai Rencana Pembangunan Daerah serta RKPD Wonogiri bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Wonogiri.” Ujar Kepala Kecamatan Purwantoro Joko Susilo, S. Sos MM. Beliau juga menyampaikan 3 hal penting yang harus ditindak lanjuti yaitu mengenai Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan perbaikan dan pembangunan Insfrastruktur Sarana Prasana.

Dalam kegiatan ini juga mendapat sambutan langsung dari Kepala Desa Joho, Anggota DPRD wilayah Purwantoro, Danramil dan Kapolsek Purwantoro.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan