INOVASI PONDCRANE POWER MACHINE

Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) berupa Pembangunan Rabat Jalan Beton dan Talud Jalan yang berlokasi di Dusun Wotglinggang Desa Joho Kecamatan Purwantoro menghubungkan Dusun Wotglinggang Desa Joho dengan Dusun Tunggur Desa Tunggur Kecamatan Slogohimo. Lokasi TMMD tersebut melewati Gunung Brojo dengan kondisi jalan yang cukup ekstrim. Jalan tersebut berupa tanjakan dan berkelok yang diapit oleh tebing dan jurang.

Menindaklanjuti hal tersebut, warga dan Pemerintah Desa Joho melakukan musyawarah untuk menemukan cara yang efektif guna kelancaran pembangunan terutama untuk efisiensi pengangkutan barang material menuju puncak titik lokasi yang tidak bisa terjangkau oleh kendaraan. Warga Desa Joho berinovasi membuat alat angkut material dengan system Derek yang bernama Pondok Crane Power (PondCrane Power Machine) guna mengurangi resiko dan menunjang kelancaran pengangkutan bahan material yang lebih efektif dan efisien.

Mengapa dinamakan Pondok Crane Power Machine?

Bapak Parwono selaku Sekretaris Desa Joho memberi nama Mesin Derek tersebut dengan nama Pondok Crane (PondCrane Power Machine) dikarenakan lokasi TMMD tersebut berada di atas Gunung Brojo yang masyarakat menyebutnya dengan Wilayah Pondok.

Pondcrane Power Machine menggunakan Gear box untuk menarik beban angkut (dalam gerobak)  yang ditunjang dengan tali Sling berukuran 10 mm dengan panjang 100 m. Gear box tersebut digerakkan dengan mesin Diesel 6,5 PK.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan